Gagal Ginjal : Gejala dan Pencegahan

09.59.00

Bagikan artikel ke:

Facebook Twitter

Gagal Ginjal : Gejala dan Pencegahan

Taukah anda bahwa penyakit Gagal Ginjal itu membahayakan jiwa?

Penyakit ini sering tidak bisa diketahui sampai tahap yang sudah lanjut , ini bisa dimaklumi karena gejala yang dirasakan hampir tidak ada. Sebagaimana kita ketahui ginjal merupakan organ vital tubuh kita yang menjalankan fungsi nya dengan baik jika tidak ada kegagalan ( Fungsi Ginjal : Langkah I ).

Pertanyaan penting berikutnya adalah :

sudahkah anda peduli dengan kesehatan ginjal anda?

Sebaiknya anda mulai sekarang "aware" dengan ini,, karena perlu diketahui sekali nya ginjal ada kegagalan fungsi maka organ ini tidak akan dapat kembali seperti semula, beda halnya dengan orga hati (liver). Untuk ini anda perlu tau bagaimana menjaga agar ginjal selalu dalam keadaan sehat ( Cara Cegah kegagalan fungsi Ginjal : langkah ke 5 )

Gagal Ginjal dini 

yang tidak terdeteksi akan pasti berkebang menjadi gagal ginjal kronis dan jika tetap tidak terdeteksi dan dijaga keoptimalan fungsinya maka akan jatuh dalam fase gagal ginjal terminal. Untuk itu sangat penting kita mengetahui bagaimana cara untuk deteksi dini fungsi ginjal kita dalam keadaan sehat atau ada kegagalan dini ( Deteksi Dini Fungsi Ginjal : Langkah ke 4 )

Diabetes dan 4 penyakit lainnya

Penyakit dan Faktor tambahan lain Pemicu GGK : Langkah ke 2 ) adalah faktor resiko utama pemicu kegagalan fungsi ginjal, terutama jika penyakit ini tidak terkontrol. Faktor resiko tambahan sebagian ada yang tidak dapat dikendalikan misalnya karena faktor usia, untuk ini maka kewaspadaan dan ikhtiar untuk sehat diperlukan, yakni minimal cek up rutin setiap tahun atau 2 kali dalam setahun.

Jika terdapat keluhan yang bisa dirasakan minimal 3 dari 4 keluhan berikut ini : 4 Gejala / keluhan khas GGK : Langkah ke 3 maka anda harus cek kesehatan dengan sebelumnya konsultasikan terlebih dulu kepada dokter anda.
Ada metode terbaru deteksi dini Gagal Ginjal yang sedang diperkenalkan baru baru ini pada Hari Ginjal Sedunia 2018 yakni

pemeriksaan Cystatin C dan Albumnin Urin Kuantitatif (AUK).

Terakhir jika  anda telah dalam fase terdiagnosa GGK maka anda harus menjalankan semua advise dokter pribadi anda , ini yang perlu anda ketahui apa saja yang harus dan tidak boleh anda lakukan ( Jika sudah GGK : do and dont di langkah ke 6 )

Cegah Gagal Ginjal Kronis (GGK) : 6 Langkah Untuk Ginjal Sehat.

Nasehat dokter :

Ginjal adalah organ yang tidak bisa kembali seperti semula (irreversible)  artinya sekalinya ginjal anda terdiagnosa sakit, maka tidak akan bisa sembuh kembali, yang bisa dilakukan adalah mempertahankan keadaan ginjal yang masih berfungsi ; tergantung derajad sakitnya.
Apa saja itu?
1. Ketahui fungsi ginjal kita
2. Kenali faktor resiko pemicu gagal ginjal kronis dimana ada faktor resiko utama dan tambahan
3. Waspada terhadap keluhan atau gejala dan tanda signal tubuh yang dapat dirasakan, apa saja itu? simak videonya yaa
4. Check up rutin terhadap 4 hal utama yang berhubungan dengan kesehatan ginjal kita, selain tentunya pemeriksaan rutin kesehatan secara umum terutama jika kita termasuk pada orang-orang yang mempunyai faktor resiko baik utama maupun tambahan
5. Ketahui dan Aplikasikan dalam kegiatan keseharian bagaimana mencegah GGK
6. Ketahui apa saja yang harus anda lakukan jika telah terdiagnosa GGK. Hal ini sangat penting untuk mempertahankan kesehatan ginjal anda yang masih tersisa (yang masih berfungsi) yang akan berpengaruh kepada kesehatan anda seluruhnya, karena tanpa ginjal yang berfungsi maka anda diharuskan untuk melakukan terapi CUCI DARAH SEUMUR HIDUP ANDA.

Baik sekian

Semoga Bermanfaat

Bagikan artikel ke:

Facebook Twitter

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Pertanyaan dan komentar
  • Silahkan tulis di bawah ini
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar

Bagikan Artikel ini ke :

BISMILLAH

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Cari di BloggerDokter