Kapan Uban muncul? Solusi dan Nasehat Dokter

10.48.00

Bagikan artikel ke:

Facebook Twitter

Kapan uban muncul?

Ketika usia semakin bertambah, kemampuan tubuh untuk membuat pigmen yang memberikan warna pada rambut semakin menurun. Sehingga, rambut akan berwarna abu-abu atau bahkan menjadi putih.
Rambut putih atau yang biasa dikenal dengan uban ini akan muncul kala seseorang menginjak usia 40 tahun keatas, namun tidak jarang pula para remaja yang rambutnya sudah beruban.

Karena itu timbul pertanyaan, apakah uban bisa muncul pada usia muda ?

Jawabannya adalah : bisa.

Uban bisa muncul saat remaja,  
sebelum menginjak ke pembahasan lebih lanjut, anda harus tau penyebab uban muncul terlalu cepat (pada usia muda), yaitu :
  •      Stres
Pada setiap kegiatan yang dikerjakan dengan tidak nyaman dan pikiran stres bisa membuat otak dan mental jadi tertekan. Dalam kondisi tersebut rambut juga kesulitan dalam memproduksi pigmen pewarna rambut alami (melanin) .
  •      Faktor Genetik  
  •      Kekurangan Vitamin B12,  C dan E , 
Karena vitamin-vitamin tersebut sangat dibutuhkan untuk membantu pembentukkan pigmen rambut.
  •      Merokok, 
Merokok akan meningkatkan risiko tumbuh uban 4 kali lebih besar disbanding yang tidak merokok. Karena, merokok menghasilkan radikal bebas dalam tubuh perokok. Radikal bebas tersebut nantinya akan menurunkan tingkat pembentukan melanin.
  •      Ketidakseimbangan hormon
Akibat dari stress mendadak atau kronis atau hal lainnya.
  •      Distribusi melanin pada tubuh yang tidak normal 
  •      Faktor iklim yang berubah karena kondisi tertentu 
Seperti polusi, racun dan paparan bahan kimia.

Bagaimana proses terjadinya uban?


Rambut uban adalah hasil dari kurang melanin dalam keratin yang ada pada rambut, sehingga muncul perubahan warna dari pigmen rambut (melanin). 
Keratin adalah sel-sel protein yang membentuk rambut kita. 
Semakin rambut seseorang menjadi warna abu-abu dan memutih , itu menandakan bahwa Ia kekurangan melanin pada rambutnya.  
Ketika bertambah tua : melanosit (sel penghasil melanin) menjadi tidak aktif, namun melanosit tetap ada hanya saja tidak lagi memproduksi melanin. 
Semakin tua lagi.. maka jumlah melanosit semakin menurun, 
Kedua hal ini akan menyebabnya hilangnya melanin dan lama kelamaan rambut kita menjadi abu-abu dan memutih.
Faktor lain, yaitu semakin bertambah usia maka produksi enzim pemecah katalase semakin berkurang, sehingga Hidrogen peroksida yang seharusnya dipecah oleh katalase tetap ada , dan berakibat menghambat produksi melanin. 
Perlu diketahui bahwa secara normal folikel rambut memproduksi hidrogen peroksida dalam jumlah kecil. 

Apakah uban bisa dihilangkan secara permanen?

Hingga saat ini uban memang belum dapat dihilangkan secara permanen. Penggunaan pewarna rambut yang dipercaya dapat menghilangkan uban pun bukan menjadi solusi terbaik untuk menghilangkan uban. Pewarna rambut hanya mampu memberikan warna lain pada rambut uban, dan bersifat sementara. Sementara itu, zat pewarna rambut dipercaya justru dapat merangsang pertumbuhan uban, sehingga mampu memperbanyak jumlah rambut uban pada kepala.
masalah uban
BloggerDokter


Dalam ISLAM , masalah uban ini 

telah disebut kan di Al Quran surat Fathir ayat 37:

أَوَلَمْ نُعَمِّرْكُمْ مَا يَتَذَكَّرُ فِيهِ مَنْ تَذَكَّرَ وَجَاءَكُمُ النَّذِيرُ ۖ فَذُوقُوا فَمَا لِلظَّالِمِينَ مِنْ نَصِير

Dan apakah Kami tidak memanjangkan umurmu dalam masa yang cukup untuk berfikir bagi orang yang mau berfikir, dan (apakah tidak) datang kepada kamu PEMBERI PERINGATAN? maka rasakanlah (azab Kami) dan tidak ada bagi orang-orang yang zalim seorang penolongpun.

Dalam tafsir Ibnu Katsir menerangkan bahwa sang PEMBERI PERINGATAN itu adalah UBAN.

Karena secara umum, uban muncul di usia senja. Jadilah uban itu sebagai pengingat manusia bahwa ia berada dipenghujung kehidupan dunia, menanti tamu (Malaikat maut) yang pasti datang dan tak disangka-sangka.

Nabi Muhammad shallallahu’alaihiwasallam bersabda:

أعمار أمتي ما بين الستين إلى لسبعين، وأقلهم من يجوز ذلك

Umur umatku di antara 60 ke 70 tahun, dan tidak banyak yang melebihi daripada itu. (HR. Imam Tirmizi)

- uban menjadikan seorang tak lagi rakus terhadap dunia, karena ajal makin dekat.
Munculnya uban membuat seorang sadar, bahwa keberadaannya dunia ini tidaklah selamanya. Hanya sebentar bila dibandingkan kehidupan alam akhirat. Yang satu hari di sana sama dengan lima puluh ribu tahun di dunia.

- uban akan menjadi cahaya di hari kiamat, berdasarkan riwayat Hadis Shahih berikut ini:

لَا تَنْتِفُوا الشَّيْبَ مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَشِيبُ شَيْبَةً فِي الْإِسْلَامِ إِلَّا كَانَتْ لَهُ نُورًا يَوْمَ الْقِيَامَة

“Janganlah mencabut uban. Tidaklah seorang muslim yang memiliki sehelai uban, melainkan uban tersebut akan menjadi cahaya baginya pada hari kiamat nanti.” (HR. Abu Daud 4204. Hadis ini dishahihkan al-Albani dalam Shahih Targhib wa Tarhib, 2091)

مَنْ شَابَ شَيْبَةً فِي الإِسْلامِ كَانَتْ لَهُ نُورًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ

“Barangsiapa yang telah beruban dalam Islam, maka dia akan mendapatkan cahaya di hari kiamat.” (HR. Tirmidzi no. 1634. Dishahihkan oleh AL-Albany dalam shohih Tirmizi)

- uban akan memancarkan sikap tabah dan wibawa
Rupanya uban membuat seorang lebih tampak tabah dan berwibawa.

كام ابراهيم أول من ضيف الضيف وأول الناس كَانَ إِبْرَاهِيمُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَوَّلَ النَّاسِ ضَيَّفَ الضَّيْفَ وَأَوَّلَ النَّاسِ اخْتَتَنَ وَأَوَّلَ النَّاسِ قَصَّ الشَّارِبَ وَأَوَّلَ النَّاسِ رَأَى الشَّيْبَ فَقَالَ يَا رَبِّ مَا هَذَا فَقَالَ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى وَقَارٌ يَا إِبْرَاهِيمُ فَقَالَ يَا رَبِّ زِدْنِي وَقَارًا

“Ibrahim adalah orang pertama yang menjamu tamu, orang pertama yang berkhitan, orang pertama yang memotong kumis, dan orang pertama yang melihat uban lalu berkata: Apakah ini wahai Tuhanku? Maka Allah berfirman: kewibawaan wahai Ibrahim. Ibrahim berkata: Wahai Tuhanku, tambahkan aku kewibawaan itu.” (HR. Bukhori dalam Al-Adabul Mufrod 120, Imam Malik dalam Al-Muwatto’ 9/58)

Sehingga kemudian jumhur ulama (mayoritas ulama) menyimpulkan, bahwa
hukum mencabut uban adalah makruh.
Beda halnya jika anak remaja anda telah ubanan, anda perlu berkonsultasi kepada dokter kepercayaan anda untuk menemukan penyebab pastinya untuk kemudian dicarikan solusinya.

SOLUSI seperti apa yang bisa anda ambil untuk mencegah atau mengobati rambut ber UBAN? 

Nasehat Dokter untuk orang beruban : 

Solusi ini lebih diperuntukkan untuk orang beruban sebelum menginjak saat normal atau alaminya yaitu seitar usia kurang dari 40 tahun
yakni antara lain
  • Asupan diet seimbang dengan cukupi suplemen vitamin terutama yang mengandung vitamin B12, C dan E.
  • Hindari radikal bebas
Untuk ini anda dapat konsumsi suplemen antiradikal bebas dan tentunya hindari polusi udara baik itu karena asap rokok aktif maupun pasif dan polusi udara kendaraan bermotor dan hal lainnya
  • Jika telah muncul uban JANGAN DICABUT
Ini disebabkan karena dengan mencabut rambut secara paksa (apapun alasannya) akan merusak folikel rambut yang merupakan akar rambut sebagai bekal utama pertumbuhan rambut. Sehingga secara tidak langsung akan dapat mengakibatkan rambut menipis bahkan bisa menjadi kebotakan permanen.
  • Gunakan pewarna rambut alami non alergenik, jika terpaksa
Kenapa saya bilang jika terpaksa? ya.. karena apapun bahannya pewarna rambut buatan dapat merangsang tumbuhnya uban , hal ini memang belum ada bukti ilmiah secara nyata. Namun sebaiknya jika tidak terpaksa, hindari mewarnai rambut toh juga rambut uban secara Islam adalah petanda kewibawaan bukan?

Lakukan perawatan rambut

Alih alih anda mewarnai rambut sebagai jalan pintas, lebih baik lakukan perawatan rutin untuk rambut anda.. ya ini yang sangat saya anjurkan.

Memang perawatan rambut tidak akan menyelesaikan rambut yang sudah terlanjur memutih namun perawatan ini akan memicu tumbuhnya rambut yang lebih sehat dan indah yang tertuju pada perawatan akar rambut dan tiap helai rambut.
Perawatan apa saja yang bisa dilakukan?
- mulai dari produk pembersih rambut, tonik/vitamin rambut
- peremajaan folikel rambut misalnya dengan memasukkan obat / vitamin langsung ke dalam kulit rambut (ini biasa dilakukan oleh dokter yang telah berkompeten, biasanya dengan alat khusus baik secara langsung dan tidak langsung), terapi oksigen untuk rambut, terapi sinar dengan panjang gelombang khusus , dll

Sekian
Semoga sedikit ulasan mengenai solusi dan nasehat dokter tentang uban ini bermanfaat
Pertanyaan anda dapat tuliskan di kolom komentar atau langsung hubungi saya via kontak diatas atau
di link berikut ini Kontak Dokter.
InsyaAllah saya segera respon, Terimakasih Wassalamualaikum,,,

Bagikan artikel ke:

Facebook Twitter

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Pertanyaan dan komentar
  • Silahkan tulis di bawah ini
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar

Bagikan Artikel ini ke :

BISMILLAH

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Cari di BloggerDokter